Ads 468x60px

Sesungguhnya Engkau tahu
bahwa hati ini tlah berpadu
berhimpun dalam naungan cintaMu

bertemu dalam ketaatan
bersatu dalam perjuangan
menegakkan syariat dalam kehidupan

kuatkanlah ikatannya
tegakkanlah cintanya
tunjukilah jalan-jalannya

terangilah dengan cahyaMu
yang tiada pernah padam
ya Robbi bimbinglah kami

rapatkanlah dada kami
dengan karunia iman
dan indahnya tawakkal padaMu

hidupkan dengan ma’rifatMu
matikan dalam syahid di jalanMu
Engkaulah pelindung dan pembela

Kamis, 01 Oktober 2009

Menuju Puncak dengan Amal Andalan



Tak terasa bulan suci Ramadhan telah berganti dengan bulan syawal. Sebelumnya, saya ucapkan Minal aidin wal faidzin.. Mohon maaf ya apabila ada kesalahan baik yang disengaja maupun tidak. Biarpun Ramadhan telah usai, tapi semangat Ramadhan harus tetap terjaga yah! Amalan-amalan kita harus tetap ditingkatkan setiap saat. Jangan sampai ibadah kita seolah menjadi ibadah musiman yang hanya kita lakukan setahun sekali saat bulan Ramadhan.. Soalnya, "Sejelek-jeleknya orang adalah orang yang hanya rajin ibadah di bulan Ramadhan saja. Sesungguhnya orang sholih adalah orang yang rajin ibadah dan rajin sholat malam sepanjang tahun." Ibadah bukan hanya di bulan Ramadhan, Rajab atau Sya'ban saja..

Oh ya, bicara soal amal ibadah, Rasulullah SAW memiliki sahabat yang bernama Bilal bin Rabbah radhiyallahu'anhu. Bilal adalah seorang sahabat yang suara terompahnya(sandalnya) sudah terdengar di syurga, padahal ia masih hidup di dunia.
Setelah ditanya apa yang menyebabkan hal itu, Bilal menjawab bahwa ia selalu menjaga wudhunya dan senantiasa menunaikan sholat sunnah dua rakaat setelah berwudhu. Subhanallah... itulah yang disebut sebagai amal andalan. Sebagai seorang hamba, sudah seharusnya kita memiliki amalan andalan yang mungkin dapat menjadikan kita masuk ke syurga. Kan syurga itu diperuntukkan bagi orang beriman yang beramal shaleh. Meskipun sesungguhnya seseorang bisa masuk syurga itu juga karena Rahmat Allah.

Tapi apa sih amal andalan itu? Amal andalan adalah amal yang paling sering kita lakukan secara kontinyu atau terus menerus sehingga seolah menjadi suatu kebutuhan pribadi yang harus dipenuhi demi mencari Ridho Allah. Dan apabila kita tidak melaksanakan amal andalan itu, maka seolah ada yang terasa hilang atau kurang. Misalnya si A rajin melaksanakan sholat dhuha dan qiyamul lail, si B rajin melakukan puasa senin kamis, si C selalu menyisihkan sebagian uang sakunya untuk di sumbangkan ke anak yatim, si D rajin membaca Al-Qur'an setiap selesai sholat fardhu, dan sebagainya. Jadi saat iman kita mulai menurun, amalan-amalan itu dapat mengembalikan semangat kita dalam beribadah.

Nah, kira-kira apa amal andalan kita yah? Sholat, shodaqoh, baca Qur'an, puasa, atau malah belum punya yah? Gak papa kok, mulai sekarang, Yuk! Kita berusaha untuk memiliki amal andalan.. Tapi, sssssttt...! Jangan sampai Amal andalan kita dicerita-ceritakan, loh ya.. Bisa-bisa malah mendatangkan adzab Allah gara-gara riya' alias ingin mendapat pujian dari orang lain deh.. Naudzuillah. Kalau mau cari amal andalan nih, dimulai dari hal-hal yang kecil aja dulu. Karena kita tak tahu amalan mana yang dapat membawa kita masuk melalui pintu-pintu syurga. Mungkin saja amalan kecil itu yang dapat mengantarkan kita menuju puncak kenikmatan abadi. Wallahua'lam.

(vierhuzz_smada)

0 komentar:

Posting Komentar