Ads 468x60px

Sesungguhnya Engkau tahu
bahwa hati ini tlah berpadu
berhimpun dalam naungan cintaMu

bertemu dalam ketaatan
bersatu dalam perjuangan
menegakkan syariat dalam kehidupan

kuatkanlah ikatannya
tegakkanlah cintanya
tunjukilah jalan-jalannya

terangilah dengan cahyaMu
yang tiada pernah padam
ya Robbi bimbinglah kami

rapatkanlah dada kami
dengan karunia iman
dan indahnya tawakkal padaMu

hidupkan dengan ma’rifatMu
matikan dalam syahid di jalanMu
Engkaulah pelindung dan pembela

Jumat, 05 Agustus 2011

sekilas tentang Ikhwah Gaul

Ikhwah Gaul, sebuah nama yang unik dan bisa bikin orang heran kalo baru pertama kali denger. Hehe..
Yupp, kombinasi dari dua buah istilah yang dipahami sekilas akan berlainan arah. Tapi, kalo digabungkan bisa mengandung arti yang DAHSYAT! Ikhwah yang populer diistilahkan sebagai aktivis dakwah laki-laki (ikhwan) dan perempuan (akhwat). Digabungkan dengan karakter Gaul yang terkesan Keren dan 'njaman', hoho. Akhirnya jadilah sebuah julukan Ikhwah Gaul yang bisa diartikan sekilas, seorang muslim/ah yang keren dan gak GAPTEK. Tapi sebetulnya bisa mengandung arti yang lebih luas lagi ;)

Ikhwah Gaul atau biasa disebut IG, didirikan pada hari Senin tanggal 20 Juli 2009 oleh seorang santri sebuah ma'had Tahfidz Qur'an di Depok. Dia sih ngaku2nya gaul, padahal seleranya jadul (gubrak!). Waktu itu namanya masih Ikhwan Gaul, sebatas komunitas sharing buat cowok-cowok muslim yang keren. Tapi sebulan kemudian huruf 'n' di akhir kata Ikhwan ditambahin garis kecil diatasnya menjadi huruf 'h' menjadi Ikhwah. Perubahan kecil yang dampaknya gede banget ternyata.



Setahun berlalu, member IG (atau biasa disebut IGers) mulai tidak bisa menahan diri mereka. Menahan diri hanya sebatas berkarya dan bersilaturahim di dunia maya aja. Dimulai dari pertemuan beberapa IGers Madiun, akhirnya diadakannya kegiatan pertama IG di dunia nyata. Tepatnya pada tanggal 6-7 September 2010 atau 26-27 Ramadhan 1431 H, dikumpulkannya IGers se-Karesidenan Madiun dalam sebuah kegiatan buka bersama dan mabit bertajuk 'First Gathering Ikhwah Gaul Madiun Raya'.

Kegiatan itu menjadi awal dari rentetan kegiatan positif yang rutin diadakan. Roadshow (ceileh) dari sekolah ke sekolah, dari kota ke kota. Mengenalkan kepada para pemuda tentang keberadaan IG.

Lalu, sebuah cita-cita besar tertanam dalam benak para pejuang muda saat itu. Impian menyatukan pemuda muslim se Magetan, Madiun, Ngawi, dan Ponorogo dalam satu wadah. Impian yang pada saat itu mereka kira baru bisa digapai 10 tahun kemudian. Tapi ternyata, Allah menunjukkan kuasanya... (jreng jreng jreng)

Tidak sampai satu tahun sejak kegiatan nyata pertama diadakan, atau tepatnya pada tanggal 28 Mei 2011, melalui perjuangan yang panjang dari IGers, terbentuklah sebuah lembaga yang mewadahi para pemuda muslim yang ingin berkarya lebih untuk islam. Lembaga yang diresmikan dalam akta nomor 61 oleh notaris MEI HERLINA, SH dengan nama Lembaga Pembinaan Generasi Muslim (LPGM) Ikhwah Gaul. Dan ternyata gak cuma Madiun Raya aja, dengan dibentuknya cabang-cabang Ikhwah Gaul di kota-kota besar lain seperti Malang, Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Jogja, seluruh Indonesia akan digapai Insyaa Allah :)

Ikhwah Gaul yang memiliki visi 'Mewujudkan Generasi Muslim Gaul, Syar'i, dan Berprestasi' ini insya Allah akan tetap eksis di dunia dakwah cyber maupun di dunia nyata. Dengan beberapa program yang sudah dirancang. Selain pembinaan bagi masyarakat dan pemuda pada umumnya, ada juga kegiatan-kegiatan sosial seperti santunan anak yatim dan dhuafa maupun baksos ke desa-desa terpencil. Bagi temen2 dan saudara2 muslim dimanapun, yang ingin turut berkonstribusi dalam kegiatan IG tapi jauh domisilinya, bisa turut menyertakan kami dalam do'a kalian. Atau yang punya rizqi lebih boleh mendonasikan sebagian hartanya untuk membantu kegiatan-kegiatan IG saat ini ataupun kegiatan-kegiatan mendatang, apalagi bulan Ramadhan kan. Wah, pahala bisa berlipat ganda tuh! Kesempatan emas nih untuk infaq dan bershodaqoh!

-Rekening Muamalat 0142056466 a/n MUHAMMAD SAID QQ IKHWAH GAUL
-Rekening BCA 7915055184 a/n MUHAMMAD SAID

Info selengkapnya/sms konfirmasi: 085646655646 (Sa'id)

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” [QS Al Baqarah: 261]

Selamat menunaikan ibadah puasa kawan-kawan ^^
Jazakumullahu khairan katsiran...

Wassalamu'alaykum warohmatullahi wabarokatuh
TAK KENAL HENTI! SEMANGAT PERBAIKAN! :)

*selengkapnya tentang Ikhwah Gaul
1. Profile: http://www.ikhwahgaul.com/profile
2. Visi Misi: http://www.ikhwahgaul.com/visi-misi
3. Pengurus: http://www.ikhwahgaul.com/official-management

6 komentar:

  1. semangat ya Ikhwah Gaul... moga gaulnya ga kebabablasan kaya kosakata 'gaul' jaman sekarang.. btw, ikhwah gaul anaknya ustadz Jefri Al-Buchori ya, abis jargon beliu tuh kaya gini : "Gaul men..." Hohoho..

    BalasHapus
  2. hha.. Iya Azka.. :) kamu kan tu Gaul yang dimaksud kayak apa.. :)

    BalasHapus
  3. Kirain nulis sesuatu yang baru, ndilalah kopas dari wepset, haha..

    BalasHapus
  4. hha.. ketahuan dah.. :D yang penting ada sumbernya..

    BalasHapus
  5. ikhwah gaul untuk yang dimedan bakalan ada gak ya???

    BalasHapus