Ads 468x60px

Sesungguhnya Engkau tahu
bahwa hati ini tlah berpadu
berhimpun dalam naungan cintaMu

bertemu dalam ketaatan
bersatu dalam perjuangan
menegakkan syariat dalam kehidupan

kuatkanlah ikatannya
tegakkanlah cintanya
tunjukilah jalan-jalannya

terangilah dengan cahyaMu
yang tiada pernah padam
ya Robbi bimbinglah kami

rapatkanlah dada kami
dengan karunia iman
dan indahnya tawakkal padaMu

hidupkan dengan ma’rifatMu
matikan dalam syahid di jalanMu
Engkaulah pelindung dan pembela

Selasa, 19 Mei 2009

IPA atau IPS??







-->
"Anak IPA itu... bawa tas segede galon, pake kacamata setebal kulkas, ke mana-mana bawa ensiklopedia, terus mainnya catur. Kalau anak IPS, bawa tas kayak mau ke mal, pake soft lens berwarna, ke mana-mana bawa komik atau majalah, terus mainnya game online." Waduh, guys, masih berpandangan kayak gini? “ Hmm..buat kamu-kamu yang masih bingung mau pilih IPA atau IPS, Yuk kita kupas tuntas gimana sih mereka?

Sebenarnya anak IPA dan IPS punya banyak kesamaan, juga perbedaan. Hampir semua anak IPA rajin dan anak IPS malas? Hmm, coba deh kalian masuk ke kelas IPA waktu gurunya nggak ada di kelas. Niscaya tampaklah pemandangan yang membuat bergemuruh seisi ruang kelas! Hehe.. sama kayak IPS gak? Trus, Anak IPA nggak mau diajak kompak? Eits, jangan salah! Justru setelah penjurusan IPA dan IPS, seharusnya lebih kompak dibanding kelas 10. Soalnya kan udah punya banyak kesamaan. Jadi anak IPA juga nggak kalah sama anak IPS!
Anak IPA kerjanya baca ensiklopedia, anak IPS baca komik atau majalah? Salah besar. Anak IPA juga suka baca komik dan novel. Anak IPS juga suka baca koran untuk tahu perkembangan politik terbaru. Anak IPA mainnya catur, anak IPS main game online? Wah, salah besar. Anak IPS ada yang hobi catur, anak IPA pun ada yang hobi main game online. Terbukti salah satu anak IPA di sekolah ane malah hobi banget maen game online!
Nah kalo perbedannya,baik anak IPA maupun IPS punya keingintahuan, tapi bentuk keingintahuan itu berbeda. Misalnya, ada kelapa dilempar pas ke atas kepala si Udin. Anak IPS bertanya, "Kira-kira siapa pelakunya dan kenapa dia jadi sasaran?" Sedangkan anak IPA bertanya, "Gimana caranya melempar dari jarak sekian, dengan sudut lemparan segitu, agar bisa pas jatuh di kepala Udin yang lagi jalan dengan kecepatan semeter per sekon?"
Cara penyelesaian masalah anak IPA dan IPS pun berbeda. Misalnya, setelah dilempar kelapa, si Udin pingsan. Anak IPS segera mikir cara mencari bantuan andal dalam waktu cepat. Anak IPA mikir jaringan apa yang mungkin rusak dan gimana caranya biar kerusakan itu nggak menyebar ke jaringan lain. Bisa dilihat kan, anak IPA cenderung lebih individualistis dibandingkan IPS. Anak IPA berpikir apa yang dapat IA lakukan untuk orang lain, anak IPS berpikir BERSAMA lebih baik.
Kepintaran anak IPA dan IPS juga berbeda. Anak IPA pasti lebih unggul dalam hitung-menghitung, anak IPS unggul dalam menghafal. Jurusan IPA lebih kepada pengetahuan Akademik ,maksud nya jurusan ini memerlukan otak yang cerdas ,kreatif dan berdisiplin ,bahan pelajaran mengenai matematik.biologi,chemist.b.inggris,nilai... harus bagus sebab jurusan ini mempersiapkan pelajar mengambil jurusan kedokteran, tekhnik, dkk. Jurusan IPS mengarah kepada yang suka mengingat dan lancar dalam komunikasi, jurusan ini mempersiapkan pelajar dalam bidang hukum ,ekonomi,dll. Jadi, kita sendiri yang tau gimana bakat, minat, n kemampuan kita.
Nah, untuk yang kelas 1, sudahkah kalian memutuskan jurusan terbaik yang mau diambil? Jangan tanya mana lebih baik, IPA atau IPS. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan. IPA atau IPS? YOU decide! ^_^
(vierhuzz_SMADA)

5 komentar:

  1. monggo yang mau komentar.. hehe.. :)

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum Vierhuzz.
    salam kenal yah, saya siswa kelas 2 IPS.

    Sebenarnya saya suka dengan artikelmu ini yang lumayan membuka pemikiran buat yang masing sering salah kaprah. Tapi kalau dibilang IPS itu jurusan hafalan saya enggak setuju. Kan sebenarnya semua mata pelajaran itu adalah aplikatif dan gak cuman buat dihafal doank...

    Oya, saya akan pasang Blogmu di Blogroll. Gantian yee :)

    BalasHapus
  3. wa'alaykumslam wr wb..

    :) iya mungkin karena saya itu anak ipa jadi kurang memahami masalah ips..
    maaf kalau ada kesalahan.. :)

    BalasHapus
  4. assalamualaikum wr wb

    menurut saya anak ips bukan pandai di bidang menghafal , tapi anak ipa pun juga diajarkan untuk menghafal , tapi artikel ini cukup menarik dengan contoh2 yg mudah dipahami ..

    BalasHapus
  5. Terimakasih untuk komennya.. hhe.. :)

    BalasHapus